Professional, Global, Entrepreneurship

UM Buton Tetapkan Program Kerja Tahunan

Sebagai salah satu tahapan dalam proses perencanaan Institusi agar sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, maka setiap unit kerja dalam organisasi harus menyusun program kerja (Proker) tahunan. Proker merupakan bentuk kegiatan operasional teknis yang merupakan terjemahan dari Rencana Startegis (Renstra) dan Rencana Induk Pengembangan (RIP) organisasi. Lebih dari itu, penyusunan Proker pada setiap organisasi dapat digunakan sebagai suatu pedoman bagi proses pengembangan ke arah yang lebih baik pada masa yang akan datang.

UM Buton sebagai suatu Institusi pendidikan yang sedang berkembang dan sedang menghadapi berbagai macam perubahan kebijakan, persaingan perlu menyusun Proker tahunan. Proker tahunan UM.Buton merupakan suatu bentuk perencanaan untuk periode satu tahun yang akan datang dan disusun sebagai suatu tahapan dalam pencapaian visi UM.Buton , yaitu "Menjadi Universitas yang Unggul Berbasis Kemaritiman, berjiwa Enterpreneurship yang Berkarakter Islami dan Berdaya Saing Global".

Selain itu Proker tahunan UM Buton merupakan dasar pedoman bagi semua unit kerja untuk kegiatan operasional dalam satu tahun akademik. Diharapkan, dengan tersedianya Proker tahunan unit kerja di UM Buton, maka kondisi yang telah dirumuskan melalui visi, misi, dan tujusan UM Buton dapat tercapai.

 Hari Sabtu 25 September 2021, bertempat Di Gedung B Aula UM Buton, dilaksanakan penyusunan Program Kerja Tahunan untuk semua Unit Kerja Lingkup UM Buton. Kegiatan ini diawali dengan sambutan Ketua Panitia Dr.Samritin, M.Pd selaku Wakil Rektor I. Dalam sambutannya  beliau menyampaikan "Rapat kerja ini mulai dari kinerja dosen, tendik sampai dengan unit terbesar kita rektorat secara keseluruhan. Kegiatan ini diselengagarakan untuk mewujudkan keinginan kita. Salah satu  upaya yang kita lakukan untuk menghadapi berbagai tantangan, kebijakan telah berubah. Situasi telah berubah dan banyak hal telah berubah oleh karena itu harus kita rapatkan barisan agar program program kita sesuai dengan yang kita harapkan."

Sambutan dilanjutkan oleh Ketua BPH H.Subair, S.IP., M.Si. "Kami menyambut dengan baik kegiatan yang sangat penting ini. Pencapaian Visi dan Misi UM Buton yang telah di tetapkan menjadi tanggung jawab kita semua, memerlukan kerja keras dan kekompakan dari stake holder di Universitas ini. Semua Unit kerja  memiliki tanggung jawab mengelola anggaran dan butuh dan kehati-hatian dalam pengelolaannya, selain itu perlu adanya sinkronisasi kebijakan yang ada di UM Buton baik itu kebijakan umum maupun kebijakan pimpinan di harapkan smua visi bisa kita tercapai."

Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Rektor UM Buton sekaligus membuka kegiatan ini. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih atas  kehadiran para peserta terkhusus Badan Pelaksana Harian. "Dalam rangka meningkatkann kinerja catur darma Perguruan Tinggi UM Buton sebagai upaya mewujudkan visi misi UM Buton yang telah kita tetapkan pada tahun 2019 dan disahkan oleh Majelis Dikti Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada tanggal 17 November 2019 yang tertuang dalam Rencana Induk Pengembangan (RIP) UM Buton 2019-2038." Ucap Rektor.

"Berbicara visi, saya sebagai pimpinan bukan hal baru karena ketika kita diberikan amanah untuk mengelola perguruan tinggi yang ada dalam pikiran kita bagaimana kita bisa mewujudkan visi untuk menjadi perguruan tingi yang Unggul Berbasis Kemaritiman, berjiwa Enterpreneurship yang Berkarakter Islami dan Berdaya Saing Global. Raker hari ini bukan hanya kegiatan seremonial tetapi dapat memahami bahwa untuk bisa berkinerja  dengan baik dimulai dengan budaya organisasi dengan berkomitmen yang sama.disiplin waktu untuk bisa melaksanakan apa yang tlah kita programkan." Tutup Rektor.

Setelah resmi dibuka, kegiatan ini dilanjutkan dengan penyampaian arah pengembangan UM Buton Tahun Akademik 2021/2022 yang di sampaikan oleh Rektor UM Buton. Kemudian pemaparan arah program Wakil Rektor  di bidang masing masing dan tiap kelas akan di bagi sesuai dengan unit unit kerja sesuai bidangnya masing masing. Kegiatan ini di mulai pada pukul 09.00 wita sampai pukul 17.00 wita. Pada acara penutupan juga dilakukan penandatanganan kontrak kinerja untuk semua unit kerja lingkup UM Buton. (HUMAS)

Bagikan Berita