Professional, Global, Entrepreneurship

UM Buton Lolos Seleksi Proposal GNRM 2021

UM Buton sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang berada di kota Baubau dinyatakan lolos dalam Seleksi Proposal GNRM 2021 melalui pengumuman yang disampaikan Sekretariat Forum Rektor Indonesia (FRI). UM Buton mengusung proposal dengan judul “Proyek Mahasiswa Baru” yang diketuai oleh Samsul Bahri selaku Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan UM Buton.  Proposal ini akan didanai oleh Kementrian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI. Dalam program GNRM ini, Sekretariat FRI menerima sebanyak 109 proposal. Dari 109 perguruan tinggi dan swasta yang mengajukan proposal, sebanyak 55 proposal yang didanai dengan penyesuain anggaran dan jenis kegiatan.

GNRM merupakan program yang baru dirilis KEMENKO PMK yang bekerjasama dengan FRI. GNRM yang diadakan di tahun 2021 ini memiliki tema “Gotong Royong Merajut Negeri Hadapi Pandemi” dan terdapat tujuh program yang bisa diajukan oleh setiap perguruan tinggi se-Indonesia. Program GNRM ini memiliki tujuan untuk memberikan peluang sebesar-besarnya bagi masyarakat untuk berkontribusi dalam proses pembangunan melalui 5 Gerakan Revolusi Mental (Melayani, Mandiri, Bersih, Bersatu, dan Tertib) dalam bentuk-bentuk program atau kegiatan yang dapat dilaksanakan langsung oleh masyarakat.

“Di masa pandemi Covid-19 ini, UM Buton melalui program GNRM ini nantinya akan berpartisipasi aktif dalam penanganan masalah Covid-19, khususnya di Kota Baubau. Kita akan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Baubau bersama masyarakat dalam memutuskan rantai Covid-19 agar hilang di muka bumi melalui kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.” Ungkap Samsul.

Selain memutus rantai Covid-19, UM Buton juga akan melakukan sosialisasi tentang bahaya penggunaan Narkoba terhadap Karang Taruna dan lembaga masyarakat lainnya; Sosialisasi Cuci Tangan dan Gosok Gigi terhadap Siswa TK; Sosialisasi Budaya Tertib membuang Sampah bagi siswa SD, SMP, dan SMA; serta membuat lomba membuat animasi video pendek tentang cara hidup bersih dan sehat pada tingkatan SMA, dan UMUM.

Muhamad Iksan, selaku ketua LPP mengungkapkan bahwa Kegiatan ini juga mendukung program kampus merdeka dimana UM Buton dalam menjalankan program GNRM ini akan melibatkan dosen dan mahasiswa dengan efektif. “Kegiatan ini memiliki dampak positif bagi Universitas. Seperti yang dilakukan UM Buton dalam program ini melalui 5 gerakan Revolusi Mental. Hal ini bisa membuat citra yang positif bagi universitas, sehingga masyarakat di Kota Baubau bisa mempercayakan anak-anaknya untuk masuk menempuh pendidikan tinggi di UM Buton.” Lanjut Iksan.

Bagikan Berita