Professional, Global, Entrepreneurship

UM Buton gelar Bimtek Sistem Informasi Anggaran (SIANG) menghadapi Globalisasi 4.0

UM Buton melalui Lembaga Pengembangan Sistem Informasi (LPSI) menggelar Bimbingan Teknis Sistem Informasi Anggaran (SIANG) bagi pimpinan unit kerja dan sub unit kerja lingkup UM Buton yang berlangsung selama tiga hari (22 Juli – 25 Juli 2020) bertempat di Ruang rapat UM Buton.

 Acara ini dibuka secara resmi oleh Rektor yang diwakili oleh Wakil Rektor 2 bidang keuangan UM Buton, H. Azaluddin. Bimtek ini diikuti oleh para dekan, kepala biro, kepala lembaga, dan ketua program studi di lingkungan UM Buton. “Pendayagunaan dan pemanfaatan teknologi untuk penganggaran sangat diperlukan dalam era globalisasi 4.0 khususnya dalam dunia pendidikan” ujar Azaluddin.

 Lebih lanjut, Azaluddin mengatakan bahwa dengan adanya SIANG, maka memudahkan para pimpinan unit kerja dan sub unit kerja dalam menyusun perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, dan pelaporan anggaran. Selain itu, anggaran UM Buton semakin transparan, efisien, dan akuntabel menuju Good University Governance.


 Selanjutnya, Firman Saputra selaku ketua LPSI UM Buton menjelaskan bahwa secara teknis, SIANG berisi 3 poin utama, yaitu perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, dan pelaporan anggaran. “Dalam Bimtek ini, para pimpinan unit kerja dan sub unit kerja dilatih untuk mengisi perencanaan anggaran (Renstra, Target Kinerja, dan RKA), membuat surat permintaan pembayaran (SPP), dan membuat laporan kegiatan dalam bentuk LPJ dan LRA” ungkap Firman.

Bagikan Berita