Professional, Global, Entrepreneurship

Prodi Agribisnis FAPERTA UM Buton gelar Pembekalan PKL Angkatan Ke-IV

Mengusung tema "Mewujudkan Mahasiswa Tangguh, Inovatif dan Berjiwa Kewirausahaan yang Bernafaskan Islam di Era Revolusi Industri 4.0", Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian melaksanakan pembekalan untuk Mahasiswa Praktek Kerja Lapangan Angkatan ke -IV  Tahun Akademik 2021/2022 yang bertempat di Gedung Korea UM.Buton, pukul 09.00 wita.

Kegiatan PKL ini di ikuti oleh 77 peserta yang merupakan mahasiswa semester 7 yang akan melaksanakan kegiatan di Perusahan Agroindustri dan Instansi Pertanian yang terbagi di 4 Kota/Kabupaten yaitu Kota Baubau (Claire Bakery, Tahu Tempe Sabar, Rumput Laut Palabusa, Wolio Snack, Pelabuhan Perikanan Wameo ,dan Tahu Tempe Murni); Kabupaten Buton (Sarung Tenun Pewarna Alami dan Sintetis, Tahu tempe Dwi Berkah, dan BPP Pasarwajo); Buton Selatan (UMKM Kopi Rongi, UMKM Kaopiku dan BPP Batauga); dan Buton Utara (Perusahaan Karya Jaya Pengolahan Minyak Nila). Nantinya Mahasiswa akan melaksanakan PKL selama satu bulan, mulai dari 16 Agustus 2021 dandan berakhir pada tanggal 16 September 2021,

Ka.Prodi Agribisnis, Antasalam Ajo, S.P., M.Si dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan pada kegiatan PKL ini. "Insya Allah kegiatan PKL ini masih mempertimbangkan kondisi pandemi, makanya kita tidak memaksakan mahasiswa harus berada dilokasi setiap hari. Selain itu juga PKL kali ini memiliki muatan baru yaitu mahasiswa diwajibkan untuk membuat video produk, video promosi produk agrobisnis, serta situs pemasaran produk secara sederhana yang nantinya akan menjadi output atau luaran dari kegiatan ini." ucap Antasalam.

Selanjutnya, Dekan Fakultas Pertanian, Wardana, S.Hut., M.S.i menyampaikan bahwa PKL ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa, membentuk mental, menambah pengetahuan secara soft skill dan hard skill, memotivasi untuk menerapkan rasa percaya diri, memberikan gambaran seperti apakah bekerja langsung di industri dan menyiapkan sumber daya manusia berkualitas yang diperlukan untuk memasuki dunia kerja sesuai dengan program studi yang diambil mahasiswa yaitu Agribisnis.

"Sebenarnya kami telah lama merencanakan kegiatan ini. Bahkan kegiatan PKL ini harusnya jug dilaksanakan di luar kota Baubau, seperti Kendari dan Makassar dibatalkan karena Pandemic Covid-19, maka PKL tahun ini hanya dilaksanakan Baubau, Pasarwajo, Busel dan sekitarnya sesuai dengan daerah mahasiswa yang bersangkutan. Insya Allah jika pandemik sudah selesai, maka PKL selanjutnya dapat dilaksanakan hingga Makassar agar mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja pada perusahaan-perusahaan yang  lebih besar dibandingkan di daerah asal," lanjut Wardana.


Kegiatan PKL ini dibuka secara resmi oleh Rektor UM Buton, Dr. Wa Ode Al Zarliani, S.P., M.M.. "Dengan adanya program merdeka belajar kampus merdeka, perguruan tinggi dituntut senantiasa untuk memperhatikan peningkatan mutu lulusan yangg mandiri, kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, perlu ada program program yang dapat mendorong ketercapainya. PKL merupakan bagian dari kurikulum prodi agribisnis yang memiliki 4  profil lulusan." Ucap Rektor UM Buton dalam sambutannya.

Perlu diketahui, bahwa terdapat beberapa materi yang disampaikan dalam kegiatan pembekalan ini, di antaranya Panduan Laporan PKL oleh Mustari, SP., M.Si, Etika Bisnis oleh Hardin, SP., M.M, Pembuatan Video PKL oleh Wardana, S.Hut., M.Si, dan Pembuatan Website Pemasaran  oleh Antasalam Ajo, S.P., M.Si. Setelah di berikan materi para peserta mendapatkan atribut PKL dari dosen Pembimbing. Kegiatan ini ditutup sekaligus dengan pelepasan Mahasiswa PKL Agrobisnis oleh Rektor UM Buton. (HUMAS)


Bagikan Berita