Professional, Global, Entrepreneurship

PPK MABA 2021 : 1.286 Mahasiswa Baru dikukuhkan Rektor UM Buton

Mengawali proses belajar mengajar pada semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022, UM Buton melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKK MABA) 2021 selama dua hari, 18-19 September 2021. Sebanyak 1.286 Mahasiswa Baru mengikuti kegiatan ini yang l  dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom dan ditayangkan Live via channel YouTube UM Buton. PKK Maba 2021 ini bertema “Menjadi Pembelajar yang Mandiri, Religius, dan Berkarakter PROGRESIP.”

 

Pada hari pertama, sebelum Pembukaan dimulai mahasiswa baru disuguhkan dengan pemutaran Video Profil UM Buton, dan Fakultas-fakultas yang ada di UM Buton. Hal ini bertujuan memberikan pengetahuan awal kepada mahasiswa baru tentang aktifitas akademik yang ada di lingkungan UM Buton mulai dari tingkat universitas, fakultas, program studi, hingga organisasi-organisasi kemahasiswaan.

 

Kemudian dilaksanakan pembukaan PKK Maba 2021 yang diawali dengan Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, BA., MBA. Yang dilakukan secara Recording. Selanjutnya PKK Maba 2021 dibuka oleh Rektor UM Buton, Dr. Wa Ode Al Zarliani, S.P., M.M., didampingi oleh Wakil Rektor 1 Dr. Samritin, S.Pd., M.Pd., Wakil Rektor 2 H. Azaluddin, S.E., M.Ak., Wakil Rektor 3 Syamsul Bahri Bahar, S.T., M.T., Wakil Rektor 4 Drs. H. La Ijaa, M.Si, dan Kepala BAKK Drs. Ma’ruf, M.Pd.


 


“UM Buton memiliki Visi Universitas yang Unggul dalam Menjadi Universitas yang Unggul berbasis Kemaritiman, berjiwa Enterpreneurship yang berkarakter Islami dan berdaya saing Global. Dengan visi tersebut seluruh sivitas akademika bekerjasama dan bertanggungjawab untuk mewujudkannya termasuk anak-anakku sekalian mahasiswa baru. Saat ini kalian telah menajdi bagian dari sivitas akademika, bagian dari keluarga besar Amal Usaha Muhammadiyah. Olehnya itu kalian pun telah menjadi bagian dari kekuatan UM Buton mewujudkan mimpi besar tersebut.” Ucap Rektor UM Buton.


Setelah Pembukaan berlangsung, maka dilanjutkan oleh pemutaran Video tentang Tata cara menggunakan SIAKAD UM Buton dan cara mengisi KRS oleh BAKK. Selain itu, Mahasiswa Baru juga diperkenalkan tentang kegiatan-kegiatan akademik dan non-akademik di UM Buton.

 



Pada hari kedua,  Sekretaris Majelis Dikti Litbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Muh. Sayuti, S.Pd., M.Pd., M.Ed., Ph.D. membawakan mater Bangga sebagai Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Buton. “Adek-adek mahasiswa baru harus bersyukur menjadi bagian dari Muhammadiyah, khususnya Universitas Muhammadiyah Buton. Muhammadiyah memiliki 164 Kampus dan merupakan Ormas terbesar yang memiliki perguruan tinggi. Menjadi Mahasiswa UM Buton ini berarti anda menjadi bagian dari Keluarga Besar Muhammadiyah di Indonesia.”Ucap Sayuti.

 

Selanjutnya, Kegiatan PKK Maba 2021 UM Buton ditutup dengan Pengukuhan 1.286 Mahasiswa baru melalu Surat Keputusan Rektor oleh Rektor UM Buton. Pengukuhan mahasiswa baru ini ditandai dengan penyematan jas almamzter kepada perwakilan mahasiswa baru oleh Rektor UM Buton didampingi Sekretaris Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah.

 

“Dengan ucapan Bismillahirrahmaanirrahiim, Saya nyatakan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022 sebanyak 1.286 orang, secara resmi diterimah dan dikukuhkan sebagai Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Buton. Semoga Allah senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran untuk mencapai cita-cita bersama.” Tutup Rektor UM Buton.(HUMAS)


Bagikan Berita