Professional, Global, Entrepreneurship

Muhamad Fahmi Eryck, Mahasiswa UM Buton yang menjabat sebagai Duta Bahasa Sultra 2021

Duta Bahasa adalah ajang pemilihan figur generasi muda yang bertugas untuk mengampanyekan dan menyosialisasikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ajang pemilihan ini diselenggarakan setiap tahunnya oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dimulai dari tingkat provinsi dan kemudian dilanjutkan pada tingkatan nasional. Para peserta akan dinilai dari kecakapan berbahasa Indonesia, wawasan kebangsaan, hingga aspek etika selama mengikuti proses pemilihan.

Muhamad Fahmi Eryck, pemuda kelahiran Wajo 2002 ini terpilih sebagai Duta Bahasa Sultra 2021. Pemuda yang sering disapa Fahmi ini terpilih karena beragam keterampilan yang ia miliki dalam mengkampanyekan dan menyosialisasikan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Dalam pemilihan Duta Bahasa Sultra ini, Fahmi mengaku bahwa terdapat banyak saingan untuk menjadi seorang Duta. “Di pemilihan ini saya dipertemukan dengan teman-teman yang berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Tenggara yang kemudian berlomba-lomba membawa nama baik daerah masing-masing. Saya yang membawa nama baik Kota Baubau harus memiliki potensi yang baik seperti penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa daerah dengan baik, dan menguasai beberapa bahasa asing. Disamping itu, banyak pola pikir dan kebiasaan baru yang saya dapatkan dalam kompetisi ini. Dan dari perbedaan inilah yang menjadikan saya motivasi untuk bisa terpilih menjadi Duta Bahasa” Jelas Fahmi ketika bertemu staff Humas UM Buton.


Menjadi Duta Bahasa merupakan tantangan sekaligus potensi dari diri Fahmi untuk mengembangkan jati dirinya. Fahmi juga akan sering memberikan edukasi ke generasi muda untuk memperkenalkan semboyan Trigrata Bangun Bahasa yaitu Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah dan Kuasai Bahasa Asing.

“Terhadap generasi muda, khususnya teman-teman mahasiswa UM Buton, seiring kemajuan teknologi kita tidak akan lepas dari penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari, maupun dalam penggunaan media social. Selain itu, kita harus pandai untuk berkomunikasi, karena sejatinya komunikasi merupakan alat interasonal dalam berkomunikasi. Oleh karena itu,kita harus mengerti semboyan Trigrata Bangun Bahasa, Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing.” Tutur Fahmi.

Selain menjabat sebagai Duta Bahasa 2021, Fahmi yang masih menempuh pendidikan di  program studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik UM Buton juga memiliki prestasi dalam membawa nama baik UM Buton di kanca Nasional. Fahmi berhasil menjadi Pembicara Terbaik Expo Surabaya 2021.(HumasUMButon) 

Bagikan Berita