Professional, Global, Entrepreneurship

Mahasiswa KKA UM Buton Angkatan XXII Desa Metere Sukses Gelar Seminar Program Kerja

Implemntasi Caturdharma Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Buton melalui Program Kuliah Kerja Amaliah Angkatan Ke XXII Tahun 2021 telah dilaksanakan mulai Tanggal 30 September 2021 lalu. Salah satu Desa sasaran Mahasiswa KKA UM Buton Angkatan XXII Tahun 2021 adalah Desa Metere Kecamatan Lakudo Kab. Buton Tengah.

Setelah melakukan Observasi Lapangan selama kurang lebih 5 Hari di Desa Metere, Mahasiswa KKA Desa tersebut menggelar Seminar Desa dalam rangka memaparkan rancangan Program Kerja yang telah dirumuskan. Seminar Desa yang digelar mengusung Tema "Menciptakan Sumber Daya Manusia yang Unggul & Islami dalam melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat Menuju Desa Metere Bangkit". Tema ini diterjemahkan oleh Mahasiswa KKA dalam Program Kerja yang berbentuk Fisik maupun Non Fisik; diantaranya adalah Pembuatan Gapura pintu masuk Desa, penyediaan TPA Sampah, Penataan Halaman Rumah Warga, Lomba Kebersihan antara Dusun, pengajaran Baca Tulis Quran, Olahraga dan lain-lain sesuai dengan disiplin Ilmu Mahasiswa.

Dalam pengarahannya, Kadar Risman, S.Pd.I., M.S.I selaku Dosen Pembimbing Lapangan mengharapkan Kolaborasi yang kuat antara mahasiswa dengan Pemerintah Desa & masyarakat. "Dalam implementasi Program kerja yang telah dirumuskan oleh Mahasiswa, kami berharap adanya kolaborasi antara mahasiswa dengan segenap elemen masyarakat Desa Metere terutama pemerintah Desa, sebab hanya dengan itu Program Kerja ini akan terealisasi dengan Baik". Pungkas Sekretaris LPP-AIK UM Buton itu.


"Mahasiswa kami yang hari ini berada ditengah-tengah kita semua, sedang menempuh proses pendidikan, pendidikan yang berinteraksi langsung dengan Masyarakat, yang nantinya Ilmu-Ilmu yang diperoleh di ruang-ruang kuliah akan diterapkan di Desa ini, Oleh karenanya, Didikalah & Nasehatilah mereka agar tahu & paham bagaimana realitas sosial yang sesungguhnya", lanjutnya.

Kepala Desa Metere, Nasir Mpohele, S.Pd.I, dalam sambutannya, mengapresiasi & menyambut baik kehadiran mahasiswa KKA UM Buton di Desanya. "Saya selaku Pemerintah Desa, sangat bahagia & menyambut baik kehadiran adik-adik mahasiswa di Desa ini".

Ia pun menghimbau kepada Masyarakat Desa agar turut andil bersama-sama mahasiswa dalam menyukseskan Program Kerja yang telah dipaparkan. "Apa yang menjadi rancangan Program Kerja Mahasiswa KKA ini, mari kita dukung bersama-sama, kita turut andil dalam mensukseskan Programnya. Mahasiswa KKA di Desa kita ini datang membantu memajukan Desa Metere". Tuturnya.

Kepada mahasiswa, Naser Mpohele, S.Pd.I, berpesan agar selalu melibatkan masyarakat dan senantiasa berkoordinasi dengan Pemerintah Desa dalam menjalankan Programnya agar ada sinergitas dan kerjasama yang baik antara mahasiswa dengan masyarakat Desa Metere.

Seminar Desa dihadiri oleh perangkat Desa Metere, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan. Disela-sela istrahat, Koordinator Desa Mahasiswa KKA Akmal Faukanur, memimpin jalanya diskusi dengan masyarakat peserta seminar.

Diskusi yang berlangsung menunjukan bahwa kehadiran masyarakat turut memberi sumbangsi saran & masukan kepada mahasiswa KKA dalam rangka sinergitas & realisasi Program Kerja yang bertujuan menciptakan Sumber Daya Manusia Desa Metere Unggul dan Islami menuju Desa Bangkit.

Bagikan Berita