UM Buton raih Bantuan Program Pengembangan PTS 2020 Kemendikbud

Untuk kali pertama, Universitas Muhammadiyah Buton di bawah kepemimpinan Rektor Al Zarliani berhasil memperoleh bantuan Program Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PP-PTS) tahun 2020.

Bantuan tersebut dalam rangka peningkatan kapasitas institusi yang sejak tahun 2016 oleh Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (saat itu masih di bawah Kemenristek Dikti), yang diberikan kepada PTS di seluruh Indonesia melalui Badan Hukum Nirlaba Penyelenggara Perguruan Tinggi.

Sasaran PP-PTS 2020 adalah Perguruan Tinggi Swasta dibawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Perguruan tinggi swasta yang dapat menerima bantuan ini adalah PTS yang berada pada kluster 4 dan 5.


“Alhamdulillah setelah melalui tahapan penyusunan proposal oleh tim internal dan mengikuti seleksi yang cukup ketat, UM Buton berhasil lolos sebagai salah satu penerima bantuan PP-PTS 2020 dan tidak lupa saya mengucapkan terimakasih kepada Tim Penyusun Proposal PP-PTS dan seluruh pihak yang telah bekerja keras hingga UM Buton layak mendapatkan bantuan ini” Bangga Rektor Al Zarliani.

Bantuan yang pertama kali didapatkan oleh UM Buton ini bernilai Rp. 800 juta. Bantuan tersebut dipergunakan untuk melengkapi peralatan laboratorium Dasar IPA. Al Zarliani menjelaskan, pihaknya sangat bersyukur mendapatkan dana pembinaan untuk pengadaan peralatan pendidikan dan laboratorium, apalagi sudah dalam bentuk barang, sehingga sebagai Perguruan Tinggi   penerima Program tidak harus mengikuti peraturan pengadaan barang. Peralatan pendidikan laboratorium, wujudnya barang, pengadaan dan segala macam dari Jakarta, bahkan barangnya paket  sudah ditentukan pusat senilai 800 juta.

“Nilai bantuan yang kami terima itu  sudah melewati serangkaian seleksi dan  asesmen serta hasil presentasi proposal yang awalnya sejumlah 900 juta lebih” Tambahnya.

Pengajuan proposal PP-PTS tahun 2020 diikuti ratusan PTS se-Indonesia dan pada akhirnya hanya ada 40 PTS yang dinyatakan layak menerima bantuan pendanaan tersebut.

Program PP-PTS  yang diperoleh Universitas Muhammadiyah Buton itu  tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Kelembagaan, nomor 2269/E3/2020 tanggal 22 Mei 2020, tentang Penetapan Penerima Fasilitas Program Pembinaan PTSSkema A tahun 2020 Gelombang I.