UM Buton Gelar Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi Tenaga Pengajar Universitas Se-Kota Baubau

Rektor Al Zarliani dan para Tutor Pekerti di acara pembukaan Pelatihan Pekerti

(10/02/2020) UM Buton bekerja sama dengan Unit Pengembangan Sumber Daya Manusia Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (UPSDM LLDIKTI) melaksanakan Pelatihan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 10- 12 Februari 2020 dengan menghadirkan 6 tenaga Tutor dari LLDIKTI yang terdiri dari Prof. Muin Fahmal, Prof. Ansar, Prof. Mattalatta, Prof. Eliza Meiyani, Dr. Cheriani, dan Dr. Khaeruddin.

Pekerti ini diperuntukkan bagi seluruh dosen muda yang bertujuan agar memperoleh pengetahuan  dasar  tehnik Instruksional dan memiliki kemampuan untuk merancang, melaksanakan dan mengevaluasi sistem pembelajaran. Kegiatan ini diikuti oleh 55 orang dosen yang berasal dari UM Buton dan Unidayan.


Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan Pekerti


Rektor UM.Buton, Dr.Wa Ode Alzarliani dalam sambutannya mengaharapkan seluruh materi yang didapatkan dalam pelatihan ini dapat diterapkan oleh para peserta dalam proses perkuliahan di kampusnya masing-masing, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan menjadi nilai plus bagi universitas menjelang penerimaan mahasiswa baru. "Dosen harus mampu melakukan langkah-langkah Pembaruan keilmuan baik motivasi pembelajaran, metode pembelajaran, evaluasi pembelajaran hingga materi pembelajaran agar dapat bersaing secara global dengan dosen di PT lainnya" Pesan Rektor Ani.

Pekerti ini juga menjadi penting dalam pengembangan profesionalisme dosen karena sesuai dengan Kurikulum yang ditetapkan oleh DIKTI sejalan dengan amanat UU.No.14  tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (IW)