Professional, Global, Entrepreneurship

Asesmen Lapangan Daring BAN PT
PEROLEH NILAI 330, PRODI AKUTANSI UM BUTON RAIH AKREDITASI B DARI BAN PT

Sejak berdirinya 14 tahun silam, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Buton terus melakukan pembenahan dan peningkatan kualitas manajemen penyelenggaraan pendidikannya. Hal tersebut ditunjukkan dengan raihan berbagai prestasi akademik dan non-akademik baik oleh dosen maupun mahasiswa, jumlah publikasi penelitian pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional terus mengalami peningkatan, penambahan jumlah dosen bergelar Doktor, dan peningkatan jumlah kepangkatan dosen ke jenjang yang lebih tinggi, serta kualifikasi keilmuan dosen yang sesuai dengan bidang penugasannya.

Berbagai prestasi tersebut dibuktikan melalui pengakuan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sebagai lembaga eksternal yang belum melakukan asesmen kualitas, capaian-capaian, dan kelayakan penyelenggaran pendidikan di Prodi tersebut. BAN-PT bertanggung jawab untuk memantau dan memperpanjang dan meningkatkan SK akreditasi program studi yang telah ditetapkan didasarkan atas hasil penilaian pemantauan yang dilakukan oleh BAN-PT sendiri. Hasil pemantauan maupun hasil pengajuan peningkatan Akreditasi yang di ajukan oleh Perguruan Tinggi.akan di sampaikan oleh   BAN-PT melalui SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online) Melalui SAPTO. Alhasil, nilai 330 mengantarkan Prodi. Akuntansi memperoleh predikat akreditasi B.


Karena situasi pandemi COVID-19 sehingga pelaksanaan visitasi Lapangan dilaksanakan secara daring selama 2 hari (4-5 Agustus 2020) dengan tetap menerapkan protokol pencegahan COVID-19.

“Proses AL (Akreditasi Lapangan) dilaksanakan secara daring via zoom, kami pun sudah mempersiapkan segala sesuatunya terutama memastikan tidak adanya gangguan teknis seperti jaringan internet dan listrik dengan melalukan beberapa kali simulasi visitasi, serta seluruh tim pada saat visitasi tetap menerapkan protokol pencegahan COVID-19” Jelas Dewi Mahmuda, Ketua Prodi Akuntasi, UM Buton.

Ditemui di ruang  kerja Prodi Akuntansi, Dewi menyampaikan terimakasih kepada seluruh Tim Task Force yang bekerja siang-malam menyusun dan memperbaiki Borang Akreditasi "Alhamdulillah tiada hentinya kami mengucap syukur kepada Allah SWT atas hasil akreditasi yg kami peroleh ini. Peringkat B ini merupakan wujud dari kerja keras serta buah dari tekad, kesabaran dan kekompakkan seluruh Tim Task Force Akuntansi yang dikawal penuh oleh Dekan Fakultas Ekonomi beserta Tim IT / Web, Tim Multimedia Lab. Ilmu Komunikasi dan Tim Jaringan yang selalu stand by dan sigap dalam mendukung kelancaran proses akreditasi yang dilaksanakan di tengah-tengah pandemic COVID-19 ini. Kami juga sangat berterima kasih atas dukungan penuh Rektor beserta seluruh unsur Pimpinan lainnya yang selalu memberi support baik materiil maupun moral dalam menyukseskan akreditasi ini. Semoga UM Buton semakin maju. Aamiin" Tambah Dewi.


Ditambahkan oleh Dekan FEKON UM Buton, Ernawati Malik menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh tim task force Prodi. Akuntasi. “berbulan-bulan tim task force menyusun borang akreditasi. Tenaga dan waktu bersama keluarga mereka banyak dikorbankan, namun terbayarkan seluruhnya dengan predikt yang kami dapatkan hari ini. Terimakasih kepada seluruh tim task force, predikat ini kami persembahkan kepada seluruh mahasiswa Prodi. Akuntansi dan semoga menjadi ladang amal bagi seluruh tim task force” Ucap Mbak Erna, sapaan akrab Dekan FEKON UM Buton.

Seperti halnya visitasi luring, jumlah asesor sebanyak dua orang yakni Profesor Djoko Suhardjanto (Universitas Sebelas Maret) dan Efrizal Syofyan (Universitas Negeri Padang)


Ditemui di tempat terpisah Rektor UM Buton Wa Ode Al Zarliani menyampaikan juga ikut merasa gembira dan menyampaikan apresiasi atas prestasi yang dicapai Prodi. Akuntansi UM Buton "Selamat kepada FEKON, kepada Prodi. Akuntnasi, bahwa pencapaian Predikat B merupakan hasil kerja keras dan kerja sama  yang sungguh-sungguh dan  penuh tanggung jawab dari semua pihak. Terutama kepada pimpinan di UPPS, Prodi, dan para DTPS di Prodi. Akuntansi” Puji Rektor Ani.

“hasil yang dipetik hari ini adalah buah dari kerja keras dan sungguh-sungguh dari Tim Task Force Prodi. Akuntansi FEKON. Meski telah beberapa kali melakukan akreditasi dan dengan hasil yang tidak sesuai harapan, namun mereka tidak pernah pata arang, mereka tidak tinggal diam, apatis dan menyerah. Kami selalu mengunjungi dan melihat langsung aktifitas kerja mereka, dan semuanya aktif mengambil bagian bahkan dosen-dosen di Prodi. Manajemen pun ikut membantu karena merasa bagian dari UPPS yang sama. Sekali lagi Terimakasih telah memberikan salah satu hadiah terbaik bagi amal usaha ini. Hanya dengan kesadaran bahwa seluruh DTPS dan Tenaga Kependidikan wajib bekerja sama, kita akan mampu mewujudkan mimpi besar UM Buton yang tergambar di dalam Visinya” Tutup Rektor Ani.


Liputan: Humas UM Buton

Foto: Arsip Tim Multimedia

Bagikan Berita