Maraknya Pencari Suaka di Indonesia, FH UM Buton gelar Seminar Nasional

(08/02/2020) Catatan UNHCR di Bulan Juli 2019 menyatakan bahwa jumlah pencari suaka di Indonesia mencapai 1.266 orang. Data terbaru Imigrasi saat ini, jumlahnya makin bertamah, belum termasuk imigran asing ilegal yang di tampung di rumah-rumah detensi. Besarnya jumlah pencari suaka tersebut mendorong Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Buton mengadakan seminar nasional dengan mengangkat tema "Pengungsi dan Pencari Suaka di Indonesia, Hulu Hilir Permasalahan, Penanganan, Perlindungan HAM dan Implikasinya terhadap Pengamanan Perbatasan Negara" yang bertempat di Aula Gedung B UM Buton pada hari Sabtu, 8 Februari 2020. Seminar ini di hadiri oleh 300 peserta yang berasal dari Dosen, Mahasiswa, Alumni Fakultas Hukum UM Buton dan pemerhati Hukum di Kota Baubau.

Semnas ini adalah kerjasama antara UM Buton dan UGM yang menghadirkan Prof. Dr. Thomas Schmitz, seorang Profesor dari Univeritas Gottingen Jerman, dan 2 narasumber lainnya, Prof.Dr.Marsudi Triatmodjo, S.H., LL.M yang merupakan Guru Besar UGM dan Prof.  Dr.Sigit Riyanto, S.H., LL.M, Dekan Fakultas Hukum UGM.

Semnas ini di buka oleh Rektor UM Buton, Dr. Wa Ode Alzarliani, S.P., M.M. dimana dalam sambutanya, Rektor UM Buton mengapresiasi  Dekan Fakultas Hukum bersama jajarannya yang telah menginisiasi pelaksanaan kegiatan seminar nasional ini. Dengan seminar nasional ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya para dosen, Mahasiswa dan seluruh peserta sehingga mampu menyelesaikan  permasalahan terkait pengungsi dan pencari suaka serta dapat berkontribusi dalam peningkatan nilai akreditasi prodi hukum.(Humas)