Mahasiswa PG-PAUD : Menggelar Porseni Dan Pagelaran Karya Tahun 2020

Baubau, 25 Januari 2020. Bermula dari Mata Kuliah Pagelaran Karya semester v, mahasiswa  Program Studi PGPAUD terinspirasi menggelar Event PORSENI dan Pagelaran Karya berskala Program Studi dengan tema “Berkarya adalah Ibadah”. Turut  hadir dalam acara seremonial pembukaan Pagelaran Karya dan PORSENI adalah Rektor UM Buton, Wa Ode Al Zarliani, Wakil Rektor I, Wakil Dekan I dan II FKIP UM Buton. Peserta yang hadir dalam event tersebut adalah mahasiswa PGPAUD berjumlah 360 mahasiswa dan masing-masing angkatan, berpartisipasi sebagai peserta PORSENI dalam event tersebut. Beberapa jenis lomba dalam Pekan Olahraga dan seni yang diselenggarakan meliputi, Bola Gotong, Tarik tambang, tenis meja, seni tari, dan drama.  Selaian itu, adapula pertunjukkan produk-produk hasil karya dan kreativitas mahasiswa PGPAUD seperti: lukisan, bunga, pakaian adat, dan Alat permainan Edukatif Lainnya.

Dalam laporannya, Ketua Panitia, Mirnawati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor UM Buton atas dukungan moril dan materi terhadap kesuksesan kegiatan tersebut. Pada kesempatan yang sama, Mirnawati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pimpinan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, terkhusus kepada Kaprodi PGPAUD dan Dosen Pengampuh Mata Kuliah Pagelaran Karya, juga Ucapan Terima Kasih dan rasa bangga kepada Panitia Pelaksana.


Kaprodi PGPAUD, Asma Kurnia, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kegiatan ini adalah bagian dari wujud substansi mata kuliah Pagelaran Karya dan sekaligus sebagai kegiatan rutin tahunan Prodi PG-PAUD yang dirangkaikan dengan PORSENI. Event Pagelaran Seni merupakan yang pertama kali diselenggarakan oleh Prodi PG-PAUD berkerjasama dengan Mahasiswa. Ia juga mengharapkan agar segenap mahasiswa Prodi PG-PAUD mengambil bagian dalam kegiatan ini mulai dari menunjukkan hasil karya mahasiswa, penampilan seni, sampai dengan berpartisipasi mengikuti olahraga dan senam dengan penuh sportifitas dan menjunjung tinggi nilai-nilai persuadaraan.

Wakil Dekan II FKIP, Nadir La Djamudi dalam sambutannya mewakili Dekan, menyampaikan bahwa dalam menyelenggarakan event kemahasiswaan haruslah sejalan dengan catur dharma perguruan tinggi untuk kepentingan akreditasi program studi mengingat Prodi PG-PAUD adalah Prodi baru di FKIP yang semetara ini mengajukan akreditasi. Secara filosofis, beliau mejabarkan katerpaduan nilai pada event tersebut. “Saya melihat dengan disiplin ilmu Linguistik Antropologi bahwa apa yang tergambar dihadapan kita terkait dengan kegiatan PGPAUD hari ini, terdapat nilai-nilai budaya, seni dan karakter religiusitas yang tentunya harus dimiliki oleh seluruh mahasiswa PGPAUD khususnya dan Mahasiswa FKIP pada umumnya”. Tambahnya.

Dalam sambutannya, Rektor UM Buton menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap event tersebut. Hal ini tergambar dari sambutannya “Saya mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan seperti ini, ternyata PGPAUD memiliki sumber daya manusia yang luar biasa sehingga mampu menyelenggarakan event spektakuler seperti ini”. Beliau juga terinspirasi dan mengharapkan bahwa event seperti ini harus diselenggarakan oleh seluruh Program Studi lingkup UM Buton, sebagai langkah awal, Prodi PGPAUD telah memulai dan mestinya menginspirasi seluruh Program Studi Lingkup UM Buton, sehingga bisa menjadi Event berskala Univeritas yang dapat diselenggarakan disetiap moment Milad UM Buton.


Untuk diketahui, Event PORSENI dan Pagelaran Karya ini bertujuan untuk menggugah minat dan bakat mahasiswa, meningkatkan kerjasama, kekompakan dan meningkatkan nilai-nilai karakter mahasiswa pada Prodi PGPAUD. Disisi lain, kegiatan ini juga menjadi motivasi bagi program studi lain di lingkup Universitas Muhammadiyah Buton sebagai ajang untuk menggali potensi-potensi kreativitas mahasiswa. Diharapkan event ini terintegrasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan di era revolusi 4.0, sebab mahasiswa tidak hanyak dituntut mengembangkan intelektualnya akan tetapi manjadi generasi yang unggul, memiliki kreativitas, berinovasi, berdaya saing dan berkarakter.(AS)