Gelar Bulan Bahasa, UM Buton adakan Lomba Pidato Tiga Bahasa

Bertempat di aula UM Buton Gedung B, Lembaga Pusat Bahasa UM Buton mengadakan Lomba dalam rangka memperingati Bulan Bahasa. Lomba tingkat SMA ini diikuti oleh lima SMA dengan jumlah peserta sebanyak 52 orang yang terbagi dalam 8 kategori. Selain tingkat SMA, perlombaan ini juga diikuti oleh 162 mahasiswa yang merupakan utusan dari Program studi yang ada di UM Buton.

kegiatan dibuka oleh Rektor UM Buton Dr. Wa Ode Alzarliani. Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Lembaga Pusat Bahasa selaku panitia penyelenggara dan para peserta yg mengikuti lomba yang didampingi oleh guru dari masing-masing sekolah.

"Kita patut memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pusat Bahasa UM Buton yang telah memanfaatkan momentum bulan bahasa sebagai salah satu ajang untuk mencari bibit-bibit mahasiswa yang berkualitas dan ucapan selamat berlomba kepada seluruh peserta" Ucap Rektor Alzarliani. 

Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi ajang promosi bagi UM Buton. "bahwa seperti kegiatan-kegiatan akademik yang ada di kampus, dimana tujuan kegiatan ini adalah untuk mencari bibit berprestasi untuk mengikuti kompetisi di tingkat nasional dan internasional nantinya" tambah Rektor Al Zarliani. 

Selain itu kegiatan ini juga sebagai sosialisasi Perpres No.63 Tahun 2019 tentang Penggunaaan Bahasa Indonesia yang mencabut Perpres sebelumnya yaitu Perpres No.16 Tahun 2010.

Adapun kategori  yang diperlombakan adalah Lomba Pidato Bahasa Wolio, Lomba Pidato Bahasa Indonesia, Lomba Pidato Bahasa Inggris. "selain lomba Pidato dalam tiga bahasa, panitia juga mengadakan Lomba Menulis Cerpen dan Lomba Baca Puisi untuk tingkat SMA, dan Untuk Tingkat Mahasiswa Intern UM.Buton diadakan lomba Debat Bahasa Indonesia, lomba Debat Bahasa Inggris dan Lomba baca Puisi" Ucap Nur Dahniar, ketua panitia bulan bahasa UM Buton.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, dimulai dari tanggal 11 hingga 13 November 2019. (Humas)