Visi Universitas

Home / Visi Universitas

Visi Universitas

Visi Universitas Muhammadiyah Buton adalah :

“Menjadi Universitas yang Unggul membangun Prestasi dan Islami”

Visi ini sangat strategis karena dengan berpedoman pada visi tersebut akan dapat ditentukan tingkat keberhasilan penyelenggaraan pendidikan atau Catur Dharma perguruan tinggi di UM Buton untuk kurun waktu tertentu. Visi UM Buton mengandung penjelasan sebagai berikut :

anak tangga pertama adalah

Unggul (excellence) :

Pengertian unggul memiliki makna substantif yang bernilai competitiveness tinggi. Keunggulan UM Buton akan dibangun dari karya-karya akademik yang bersifat substansial dan dapat dikompetisikan baik pada ranah regional dan nasional. Dimensi keunggulan yang dikembangkan UM Buton mengarah kepada lima pilar keunggulan yakni: (a) pendidikan; (b) penelitian; (c) pengabdian kepada masyarakat; (d) kemahasiswaan; dan (e) kelembagaan. Setiap pilar didorong untuk memiliki keunggulan spesifik sehingga memiliki nilai competitiveness yang tinggi.

anak tangga yang kedua adalah :

Prestasi

Untuk dapat melaksanakan fungsi Catur Dharma secara optimal, maka UM Buton perlu memiliki keadaan sehat baik secara fisik, mental, maupun sosial, sebagaimana dijabarkan dalam bagian-bagian berikut:

    • Sehat Fisik: meliputi sehat sumber daya manusia (SDM), sehat sarana prasarana, sehat manajemen, dan sehat pelayanan.
    • Sehat Mental: dimaknai sebagai kemampuan UM Buton dalam mengaktualisasikan nilai-nilai akademis, nilai-nilai kultural, dan nilai-nilai spiritual religi.
    • Sehat Sosial: mengandung makna bahwa UM Buton mampu mengembangkan daya sosialnya (sociability) sekaligus meningkatkan derajat akseptibilitasnya di tengah masyarakat (socio-acceptability).

atas dasar ini, maka UM Buton mengarahkan institusi pada pemuasan expectacy stage holder.