Identitas Universitas Muhammadiyah Buton


      • LAMBANG

        UM Buton memiliki lambang berbentuk segi lima, warna dasar hijau, didalamnya tertera tulisan UM buton. Lambang UM Buton diciptakan sebagai sebuah citra dan spirit segenap civitas akademika dalam menghadapi tantangan zaman yang terdiri dari:

         

        • Gambar Matahari dengan 12 sinar yang memancar ke segenap penjuru berwarna kuning keemasan, diambil dari lambang Persyarikatan Muhammadiyah. Ditengah-tengah matahari tertulis Muhammadiyah dengan huruf arab, yang berarti pengikut ajaran Nabi Muhammad Saw., Pada lingkaran dua sebelah atas tertulis syahadat tauhid dengan huruf arab (Asyhaduan la illahailla Allah) dan pada lingkaran luar sebelah bawah tertulis syahadat rasul dengan huruf arab (Waasyhadu’anna muhammadan rasulu Allah). Gambar matahari melambangkan daya vitalitas dinamika yang memancar dari dalam dirinya sendiri yang memberikan kehidupan sekelilingnya. Ini adalah tamsil yang diambil dari Muhammadiyah yang selalu memancarkan sinar kehidupan rohani yang intinya terletak dalam dua kalimat syahadat.
        • Dua belas sinar matahari melambangkan semangat kaum hawariy yaitu melambangkan dua belas sahabat Nabi Isa a.s yang senantiasa siap berjuang demi keilmuan agama Islam. Muhammadiyah mentamsilkan dirinya sebagai kaum hawariy yang memiliki semangat juang yang sangat tinggi untuk melaksanakan da’wah Islam Amar Ma’ruf Nahi Munkar dimanapun dan kapanpun dengan dilandasi motivasi semata-mata mengharapkan dan mencari keridhoaan Allah Swt., (As Shaf:24). Lambang matahari dijadikan lambang Universitas sekaligus memberikan penegasan bahwa UM Buton merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah, berdiri dibawah panji-panji Muhammadiyah, dan oleh karena itu seluruh nafas, gerak dan aktivitasnya senantiasa wajib menyeleraskan dengan keyakinan dan cita-cita hidup Muhammadiyah.
        • Padi dan kapas melingkari matahari, melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran UM Buton sebagai lembaga pendidikan tinggi yang didirikan oleh persyarikatan Muhammadiyah bertujuan untuk mewujudkan sarjana muslim berakhlak mulia dan cendekiawan yang siap mengemban misi sebagai khalifah Allah di muka bumi yang tugas utamanya mengupayakan terwujudnya kehidupan masyarakat yang penuh dengan keadilan, kebenaran, dan kedamaian serta terwujudnya masyarakat yang sejahtera.
        • Lima kelopak bunga yang melingkar, melambangkan Pancasila sebagai dasar dan falsafah Negara Republik Indonesia, sekaligus melambangkan Dinul Islam yang ditegaskan di atas lima prinsip: dua kalimat syahadat, shalat, puasa ramadhan, menunaikan zakat, dan haji ke baitullah. Lima kelopak bunga ini melatar belakangi gambar matahari yang dilingkari padi dan kapas. Diluar padi dan kapas tertulis secara melingkar Universitas Muhammadiyah Buton. Seluruh lambang berada diatas berwarna hijau daun, lambang kesabaran, ketelitian dan keikhlasan. Semua watak itu diharapkan menjadi dedikasi dan moral civitas akademika UM Buton dalam rangka mencari ridho Allah Swt.

         

        BENDERA

        Bendera UM Buton dan Fakultas-Fakultas berbentuk empat persegi panjang dengan perbandingan P : L = 3 : 2

        • Bendera UM Buton berwarna dasar hijau daun dan berumbai berwarna kuning disisinya dengan logo Universitas Muhammadiyah Buton, warna hijau daun melambangkan kesabaran, kedamaian, ketelitian, kecerdasan dan keikhlasan UM Buton dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.
        • Bendera Fakultas warna dasarnya sebagai berikut: 
        • Bendera Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan berwarna dasar Hijau Muda dengan logo Universitas bertuliskan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan berumbai warna kuning disisinya. Warna hijau muda melambangkan harapan masa depan dalam pendidikan generasi muda bangsa dan negara
        • Bendera Fakultas Agama Islam berwarna dasar kuning muda dengan logo Universitas bertuliskan Fakultas Agama Islam serta rumbai warna kuning disisinya. Warna kuning muda melambangkan kemuliaan menjaga kemurnian nilai-nilai Islam dalam penerapannya pada kehidupan berbangsa dan bernegara.
        • Bendera Fakultas Ekonomi berwarna dasar Coklat dengan logo Universitas bertuliskan Fakultas Ekonomi dan berumbai warna kuning disisinya. Warna coklat melambangkan keamanan dan kenyamanan mengelola ekonomi dalam mensejahterakan bangsa dan negara.
        • Bendera Fakultas Teknik berwarna dasar Biru Tua dengan logo Universitas bertuliskan Fakultas Teknik dan berumbai warna kuning disisinya. Warna biru tua melambangkan kekuatan dalam kosentrasi dan pemikiran mengelola sumber daya untuk pembangunan bangsa dan negara.
        • Bendera Fakultas Pertanian berwarna dasar Biru Muda dengan logo Universitas bertuliskan Fakultas Pertanian dan berumbai warna kuning disisinya. Warna biru muda melambangkan kehidupan pertanian dan kesungguhan dalam mengelola sumber daya pertanian.
        • Bendera Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berwarna dasar Jingga dengan logo Universitas bertuliskan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan berumbai warna kuning disisinya. Warna jingga melambangkan kreatifitas dan kepedulian terhadap kehidupan sosial dan kehidupan politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
        • Bendera Fakultas Hukum berwarna dasar Merah Hati dengan logo Universitas bertuliskan Fakultas Hukum dan berumbai warna kuning disisinya. Warna merah hati melambangkan keberanian dan kebenaran dalam menjujung tinggi nilai-nilai keadilan.

         

        LAGU

        UM Buton memiliki lagu dengan nama Hymne dan Mars UM Buton yang diperdengarkan setiap upacara resmi

        Hymne UM Buton adalah sebagai berikut:

        Hymne
        Universitas Muhammadiyah Buton

        Cipt. Syamsir Ahmad / Suriadi, S.P., M.M.
        Arr. Rossa Maesara Ariesty, S.Pd.
      • Matahari Pancarkan Sinarnya
        Cahayanya Suci Benderang
        Membawa Berkah Seisi Dunia
        Sebagai Penerang Jalan Kebenaran
      • Al-Qur’an dan As-Sunnah Pedomannya
        Tegakkan Ilmu Amal dan Budi
        Bagi Bangsa dan Negara
        Nan Bersih Suci dan Makmur
        di Bawah Panji Panji Muhammadiyah
        dalam Warna Warni Bunga Bangsa
        dalam Berkas Sinar Matahari
        Universitas Muhammadiyah Buton
        Cerdaskan Putra Putri Bangsa
        yang Beriman dan Berbudaya
        untuk Kejayaan Indonesia
        untuk Kejayaan Indonesia
        Satukan Hati dan Pikiran

         

        Mars Universitas Muhammadiyah Buton adalah sebagai berikut:

        Mars
        Universitas Muhammadiyah Buton

        Cipt. Syamsir Ahmad / Suriadi S.P.,M.M.
        Arr. Rossa Maesara Ariesty, S.Pd.
        Do = D  2/4
         
        Universitas Muhammadiyah Buton
        Tempat Tertanam Sejuta Ilmu
        Berkarya Bangun Jati Diri Bangsa
        Cerdas Beriman dan Beramal Mulia
         
        Menggelora di Bumi Katulistiwa
        Kibarkan Panji Muhammadiyah
        Meraih Prestasi dan Karya
        Demi Kejayaan Indonesia
         
        Muhammadiyah Tetap Bersinar
        Pembawa Risalah dalam Kebenaran
        Tauladan Umat Sepanjang Masa
        Terpatri dalam Semangat Jiwa
        Universitas Muhammadiyah Buton
        Slalu dalam Limpahan Ridho-Mu
        di Balik Kharisma Kilau Cahayamu
        Tetap Jaya Selama Lamanya
         
        Kembali ke Reff
         
        Tetap Jaya Selama Lamanya
        Tetap Jaya Selama Lamanya