Professional, Global, Entrepreneurship

Milad 107 Tahun Muhammadiyah, UM Buton bersama PD Muhammadiyah menggelar anjangsana ke Pondok Tanfidz, Panti Asuhan, dan Ponpes.

Jajaran pimpinan, tenaga pendidik dan kependidikan UM Buton bersama Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Baubau, Pemuda Muhammadiyah dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah melaksanakan kegiatan amal melalui anjangsana ke Pondok Tanfidz Ar-Royan di Bumi Perkemahan Samparona, Panti Asuhan Madin Al-Ikhlas, dan Pondok Pesantren Nizamuddin Auliya di Wonco sebagai bagian dari peringatan Milad ke 107 tahun Persyarikatan Muhammadiyah.

Kegiatan anjangsana tersebut berisi silaturahmi dan penyerahan sembako kepada pengurus pondok dan panti. “Semoga niat baik dan ini mendapat berkah dan ridho Allah Subhanahu wata’ala. Kami juga meminta do’anya semoga UM Buton semakin berkembang menuju universitas yang dapat bersaing tidak hanya di lokal Baubau namun sampai ke tingkat regional, nasional dan internasional, serta dapat melahirkan para sarjana yang profesional, unggul dan berkarakter Islami” ucap Rektor UM Buton, Dr. Wa Ode Al Zarliani yang diamini oleh seluruh hadirin.

Sumbangsih Persyarikatan Muhammadiyah selama 107 tahun tidak hanya dengan misi utamanya memurnikan ajaran Islam namun turut memberikan kontribusi nyata dalam berbagai bidang kehidupan di negeri ini. Dalam bidang pendidikan, terdapat 30.125 sekolah TK, ABA, PAUD dan KB, 2.766 SD/MI, 1.407 SMP/MTs, 1.407 SMA/SMK/MA, 50 SLB, 341 pondok pesantren, dan 165 perguruan tinggi.

Dalam bidang kesehatan dan sosial, terdapat 583 rumah sakit dan klinik, 384 panti asuhan, dan 20.198 masjid dan mushalla. Kiprah Muhammadiyah tidak hanya di dalam negeri namun sampai ke dunia internasional, dimana saat ini terdapat 121 komunitas  Muhammadiyah di luar negeri.

“Bahwa Muhammadiyah selain melaksanakan dakwah amar makruf nahi munkar, dan misi memurnikan ajaran Islam yang sesuai dengan ajaran Rasulullah, juga banyak membangun amal usaha yang bergerak dibidang pendidikan, kesehatan, sosial dan ekonomi” ujar Dr. Basri, Ketua PDM Baubau.

Sesuai dengan tema milad Muhammadiyah tahun ini “mencerdaskan kehidupan bangsa”, maka UM Buton sebagai salah satu amal usaha Persyarikatan di Kota Baubau terus berupaya memberikan sumbangsihnya untuk membentuk generasi-generasi yang memiliki penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bagikan Berita